4.STORAGE DEVICE

HA

A.HARD DISK

Hard disk adalah sutatu alat untuk penyimpanan data pada computer dalam jangka panjang.Hardisk ini tersimpan atau melekat pada cpu maka disebut dengan hard drive internal.Hardisk memiliki tempat untuk mnyimpan data yang sangat besar atau data dalam kapasitas yang sangat besar dibandingkan dengan hard drive eksternal seperti foppy disk atau flash disk.

Harddisk adalah tempat penyimpanan yang permanen dalam pc, untuk melakukan itu data berjalan melalui RAM yang akan memberitahu dimana data tersebut akan disimpan, sirkuit harddisk menterjemahkan sinyal tersebut menjadi voltage fluktuasi. Sinyal ini mengatur perputaran harrdisk dan pergerakan lengan head, data yang tadi akan disimpan dalan keping ini, head ini sangat dekat dengan permukaan kepingan sehingga bahkan rambut manusia pun tidak dapat melewatinya.
Gerakan head dimaksudkan untuk membaca harddisk, ketika sinyal kecil dikirimkan ke head, sinyal tersebut membangkitkan elektromegnet kecil di head yang kemudian akan membaca permukaan keping hardisk berupa data biner.
Bagaimana caranya kita mengahapus data pada harddisk? caranya ialah dengan membalikkan cara membaca, dengan begitu partikel pada permukaan harddisk dibalikkan polaritasnya.
Data pada permukaan harddisk yang biasa kita sebut dengan file tersimpan dengan cara tersebar di seluruh permukaan harddisk

disket

B.DISKET

disket  merupakan salah satu jenis piringan magnetik yang memiliki kapasitas yang besar. Pada tahun 2006, kapasitas disket yang beredar di pasaran berkisar antara 40 – 100 GB.

disket memiliki piringan metal yang dilapisi dengan bahan yang memungkinkan data dapat disimpan dalam bentuk titik-titik bermagnet. Data disimpan pada kedua permukaan.

Floppy disk atau disket, para pengguna komputer pasti akrab dengan perangkat penyimpanan data yang satu ini. Perangkat ini dulu paling populer dibawa kemana-mana sebagai tempat menyimpan data. Perangkat untuk membaca dan menyalin data pada disket disebut dengan floppy disk drive (FDD). Seiring perkembangan teknologi, beragam media penyimpanan data bermunculan dengan menawarkan kapasitas yang lebih besar dan kemudahan penggunaan. Disket perlahan mulai punah setelah lebih dari 30 tahun setia melayani dunia komputer. Retailer komputer asal Inggris, PC World, mengklaim tidak akan memasok media penyimpanan itu lagi (disket-red) jika persediaannya sudah habis. Menurutnya, 98 persen PC (komputer) baru kini tidak memiliki floppy drive. Dan dalam waktu dekat diperkirakan 100 persen PC tidak akan dilengkapi dengan FDD. Bryan Magrath, direktur penjualan PC World menegaskan teknologi disket sudah ketinggalan jaman dan sudah digantikan oleh Internet dan memori USB (Universal Serial Bus), yang bisa menyimpan data 1.000 kali lebih banyak ketimbang disket. “Dengan jumlah memori seperti itu, ditambah lagi perangkatnya yang kecil dan mudah digunakan, disket tampaknya menjadi semakin usang dan tidak dapat bersaing lagi,” ujarnya, seperti dikutip detikINET dari Vnunet, Rabu (31/1/2007). Sekedar informasi, IBM memperkenalkan disket pertama kali pada tahun 1969 dengan ukuran 8 inci dan kapasitas penyimpanan 81 KB. Sedangkan disket yang paling populer adalah yang 3,5 inci dengan kapasitas penyimpana

CD

C.CD ROOM

Bagaimana sebuah CD-ROM memiliki banyak kelebihan CD drive membaca data dengan head yang sangat dekat sehingga informasi data dapat tersimpan labih rapat, head laser memancarkan sinar laser, sinar laser ini merambat melalui sebuah prisma lalu melalui sebuah lensa magnetik yang mambuat sinar laser menjadi lebih fokus. Sinar laser ini ditembakkan ke permukaan CD yang memiliki ribuan pit, pit ini diterjemahkan menjadi kode biner yang dapat diterima oleh CPU.
Jika sinar laser mengenai pit, sinar laser ini akan dipendarkan, tetapi jika tidak laser akan dipantulkan kembali, lalu menembus prisma kembali dan memasuki sebuah dioda, dioda ini membangkitkan pulsa elektrik setiap kali menerima sinar laser, pulsa elektrik tersebut berupa kode satu dan nol dengan kata lain menjadi kode biner.

FLASHDISK

D.FLESH DISK

Sudah pada tahu flash disk kan? Itu tuh salah satu alat penyimpanan data yang semakin hari semakin populer dan bisa dibilang menggeser peranan floppy disk atau Disket. Sebenarnya flash disk dan disket memiliki fungsi yang sama, hanya saja flash disk biasanya memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar dibanding disket. Jika sebuah disket hanya mampu menyimpan data sebesar 1,44 Mega Bytes maka sebuah flash disk mampu menyimpan data mulai 32 Mega Bytes – 4 Giga Bytes, tergantung dengan berapa kapasitasnya.

Selain kualitas, mahal tidaknya flash disk juga tergantung dengan besarnya kapasitas yang tersedia, semakin besar kapasitasnya semakin mahal pula harganya. Memang sih, harga flash disk cenderung menurun dibanding dulu ketika pertama kali di luncurkan, tapi harga sebuah flash disk tidak bisa dikatakan murah. Nah agar flash disk kita bisa awet, benda yang biasanya berukuran kecil dan berwarna lucu ini juga harus di rawat lho. Bukan cuma karena harganya yang relatif mahal tapi juga biar data-data penting yang tersimpan di dalamnya lebih aman. Jadi, berikut ini ada cara bagaimana merawat dan menggunakan flash disk dengan benar, antara lain :
1. Jauhkan Dari Medan Magnet Kuat

Barang-barang elektronik seperti TV dan Handphone sangat tidak baik untuk flash disk. Untuk itu jangan pernah menyimpannya di dekat barang-barang sejenis yang memiliki kekuatan magnet besar. Terkadang kita sering lupa jika meletakkan flash disk dan Handphone di tempat sama dalam tas. Nah mulai saat ini, kalau ingin flash disk kamu berumur panjang, jangan lagi menyimpannya di tempat yang sama
2. Jangan Terkena Air

Meski ada beberapa merk yang mengklaim waterproof (anti air), menjauhkan flash disk dari sentuhan air tetap saja menjadi langkah yang paling aman. Daripada data kamu hilang atau flash disk kamu rusak, mendingan tidak ambil resiko

3. Virus Scan

Saat Pengambilan data atau pemindahan dari dari pc ke flash disk, sangat mungkin bukan hanya data yang ikut berpindah tapi juga virus-virus yang terdapat dalam komputer. Apalagi kalau kita mengambil dan menyimpan data dari internet. Waduh flash disk kamu bisa dipenuhi virus-virus pengganggu. Makanya, jangan lupa untuk melakukan ritual scan virus secara berkala dengan software anti virus yang tersedia

4. Proses Eject atau Stop Selalu melakukan proses eject atau stop sebelum mencabut flash disk dari port usb. Selain bisa menjadikan flash disk rusak, tidak melakukan proses eject atau stop juga dapat mempengaruhi file-file data yang kamu simpan di dalamnya

5. Jauhkan Dari Tempat Panas

Semua barang elektronik tak terkecuali flash disk sangat rentan dengan yang namanya panas. Apalagi terkena sinar matahari langsung. Jadi usahakan tidak menyimpannya ditempat yang panas dan terkena sinar matahari langsung. Misalnya seperti meninggalkan flash disk di mobil

6. Hindari Benturan Keras

Coba rasain kalau kamu jatuh dari lantai 12, kamu bisa jadi harus masuk rumah sakit atau bahkan masuk ke rumah masa depan. Begitu juga dengan flash disk. Jadi jagalah flash disk kamu baik-baik dari benturan keras
7. Tutuplah selalu

Udara dan lingkungan kita penuh dengan debu dan kotoran. Jika socket flash disk kita kotor maka dapat mengakibatkan proses baca tulis sering gagal. Makanya selalu tutup biar tidak kotor, jangan malah dihilangkan tutupnya!
8. Minimalisir proses hapus-tulis

Sama seperti kita, flash disk juga memiliki usia. Artinya suatu saat flash disk kita bisa mati dan tidak bisa digunakan lagi. Usia flash disk berbeda-beda, tergantung kualitas dan merk dari flash disk itu sendiri. Biasanya usia flash disk antara 10.000-100.000 kali proses hapus tulis. Jadi usahakan untuk meminimalisir proses tersebut dan juga jangan mengedit langsung dari flash disk. Atau jika Anda memiliki data yang banyak dan ingin meng-copy data tersebut ke dalam flash disk, lebih baik data-data tersebut di-kompres jadi satu terlebih dahulu menggunakan program peng-kompres yang sudah ada seperti WinZip, WinRar, atau program peng-kompres lainnya. Karena selain data akan jadi lebih kecil tetapi juga file akan jadi satu, artinya data tersebut jika di copy ke flash disk sama dengan meng-copy satu file saja.

9. Berilah Gantungan

Ini berguna jika kita tidak lupa menaruh flash disk kita, karena bentuknya yang kecil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: