1.INPUT DEVICE

keyboard

A.KEYBOARD

Keyboard adalah suatu alat input yang mempunyai banyak fungsi dan karakter.karakter keyboard ini akan di tampilkan pada monitor sesuai dengan perintah dari pangguna computer itu sendiri.
Ketika kita menekan tompbol k pada keyboard, tombol tersebut akan menekan sebuah per kecil, tekanan tersebut menyebabkan sebuah rangkaian menjadi terhubung, hal ini membuat hubungan dua elektrik yang menjadikan sebuah sirkuit, ketika tombol dilepas sirkuit tersebut akan lepas juga.
Bagaimana komputer dapat mengetahui tombol mana yang ditekan? data yang melewati tombol akan masuk ke sebuah mikroprosesor lalu akan disamakan dengan data yang ada pada prosesor tersebut, data ini akan digunakan untuk mengidentifikasi huruf dalam alphabet.
Mikroprosesor ini meneruskan sinyal ke RAM dan memprosesnya, pada saat yang sama mirkroprosesor keyboard mengirimkan data pada perangkat yang lainnya yaitu sebuah interupt controler, hal ini menghentikan semua yang dikerjakan oleh komputer dan memberi perhatian pada sinyal dari keyboard, selanjutanya sinyal dikirimkan ke CPU lalu ke chip ROM BIOS dan kembali pada keyboard controler, setelah itu masuk ke RAM dan dikirimkan ke monitor untuk ditampilkan sebagai huruf k.

mouse

B.MOUSE

Tetikus atau yang lebih dikenal dengan nama mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik. Tetikus berbentuk seperti seekor tikus sehingga dalam bahasa Inggris peranti ini disebut mouse.
Bentuk tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan tetikus satu tombol.
Tetikus bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Tetikus yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth
Mouse yang ini tidak memiliki kaki tetapi memiliki sebuah bola kecil dibawahnya. Ketika kita menggerakkan mouse, bola tersebut ikut bergerak dan menggerakkan dua buah roler yang berada didalam mouse, kedua roler ini mengatur gerakan pointer sesuai dengan gerakan mouse.
Setiap roler terhubung sebuah roda yang disebut dengan encoder yang berputar bersama roler, Ketika encoder berputar logam yang ada pada encoder menghubungkan dua buah jalur dan membuat kontak elektrik, semakin cepat kita menggerakkan mouse, semakin cepat pulsa yang dihasilkan.
sinyal dari encoder dihubungkan dengan sirkuit pada mouse, sinyal-sinyal inilah yang membuat gerakan pointer pada layar.
Mouse mengirimkan sinyal ini melalui sebuah kabel yaitu ekornya, sinyal elektrik ini masuk ke dalam komputer dan memberitahu mouse driver kemana pointer harus digerakkan.
Joystick memiliki tugas yang sama dengan mouse tetapi dengan cara yang berbeda, selain menggunakan bola seperti pada mouse, joystick juga menggunakan dua buah resistor elektrik yang menghitung berapa banyak gerakan joystick, gerakan pointernya tergantung pada posisi joystick dan tombol pada joystick bekerja seperti pada tombol mouse.
Jika kita memerlukan gambar untuk komputer, kita memerlukan sebuah scaner, ketika kita tekan tombol scan led akan menyala pada gambar yang akan kita scan, cahaya dari led ini akan dipantulkan oleh gambar dan ditangkap oleh lensa scaner lalu sebuah sirkuit khusus mengubahnya menjadi sinyal elektrik dan mengirimkannya ke komputer
trackball memiliki prinsip kerja yang sama dengan mouse tetapi untuk menggerakkan bola pada trackball kita menggunakan jari kita.

scanner

C.SCANNER

Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.

headphone

D.MICROFONE DAN HEADPHONE

Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.

touch pad

E. Touchpad

Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.

light pen

F. Light Pen

Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

joy stick dan paddle games

G. Joy Stick dan Games Paddle

Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.

kamera digital

H. Kamera Digital

Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.

graphic pads

I. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: