5.ALAT-ALAT KOMUNIKASI

ALAT- ALAT KOMUNIKASI
1.Internet
2.Telepon
3.Handphone
4.Fax
5.Pager
6.Push to talk
7.Televisi
8. Komputer

internet

1 .Internet

a.Definisi
Secara harfiah, internet (kependekan daripada perkataan ‘inter-network’) ialah rangkaian komputer yang berhubung menerusi beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
b.Cara Memakai
Buka Mozilla atau browser lainnya , kutipkan alamat website yang dicari di kotak (Address) lalu mulai memakainya.
c.Guna Dari Internet
Bisa mencari semua informasi,hiburan,maupun berita aktual dan lainnya.Lebih praktis untuk mencari informasi dibandingkan dengan BUKU.

telepon

2.Telepon

a.Definisi
Telepon adalah alat telekomunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik. Umumnya penemu telepon adalah Alexander Graham Bell, dengan telepon pertama dibuat di Boston, Massachusetts, pada tahun 1876. Tetapi, penemu Italia Antonio Meucci telah menciptakan telepon pada tahun 1849, dan pada September 2001, Meucci dengan resmi diterima sebagai pencipta telepon oleh kongres Amerika, dan bukan Alexander Graham Bell.
b.Cara Memakai
Tekan (nomor rumah/lainnya )yang akan anda hubungi lalu mulai berbicara ,setelah selesai berbicara tutup kembali telepon dengan RAPAT.Jika orang yang anda hubungi tidak mengangkat(dan anda ingin mencoba lagi,cukup menutup telepon lalu tekan REDIAL).
c.Guna Dari Telepon
Berbicara dengan orang yang tempatnya jauh dari diri kita(beda rumah/beda keberadaan,tidak lebih jauh dari satu kecamatan ).

hp

3.Handphone(Telepon Genggam)

a.Definisi
Telepon genggam, biasanya disebut juga dengan cellular.Merupakan pengembangan teknologi telepon, dimana perangkatnya dapat digunakan sebagai perangkat untuk mobile atau berpindah-pindah
b.Cara Memakai
Pertama-tama isi pulsa ,baterai penuhkan lalu mulai tekan nomor teman anda atau yang lainnya lalu tekan tombol gambar telepon (berwarna hijau diangkat)lalu mulai berbicara setelah selesai berbicara tekan tombol (gambar telepon berwarna merah ,ditutup).
c.Guna Dari Handphone(Telepon Genggam)
Sama dengan telepon namun bedanya bisa di bawa kemana saja karena ukuran tubuhnya.

fax

4.Fax

a.Definisi
Disingkat dengan FoIP, Suatu mekanisme untuk mengirimkan fax melalui Internet (yang berbasis IP). Hal ini mirip seperti VoIP.
b.Cara Menggunakan
Tekan nomor fax yang anda tuju lalu tunggu sebentar,maka dokumen akan terkirim.
c.Guna Dari Fax
Mengirim dokumen dari suatu negeri ke negeri lainnya.

pager

5.Pager.

a.Definisi
Pager adalah alat panggil seperti handphone namun lebih praktis dikarenakan,pager tidak memiliki fasilitas lainnya selain sms.Pager hanya bisa menerima SMS dan tidak bisa mengirim SMS.
b.Cara Menggunakan
Tekan nomor pager yang anda tuju lalu ketik yang anda ingin katakan pada yang anda kirimkan.
c.Guna Dari pager
Mengirimkan SMS kepada orang yang kita tuju dengan cepat dan lebih praktis.

push to talk

6.Push To Talk

a.Definisi
Alat bicara yang ukuran tubuhnya lumayan kecil.Pembicara yg memakainya harus bergantian dengan lawan bicaranya ,misal:si A berbicara lalu berhenti, si B menunggu bunyi *beep barulah menjawabnya.Kesimpulannya 1 PTT bisa dipakai dengan berbanyak orang namun orang-orang yang memakainya harus berbicara SECARA BERGANTIAN.
b.Cara Memakainya
Si A berbicara lalu berhenti,Lawan bicaranya (si B) menunggu bunyi *beep barulah menjawabnya,begitu juga dengan si c,d,e,f,dan lainnya.

televisi

7. TELEVISI
Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran bergambar. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision; yang mempunyai arti masing-masing jauh (tele) dan tampak (vision). Jadi televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh. Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda, karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia. Di Indonesia ‘televisi’ secara tidak formal disebut dengan TV, tivi, teve atau tipi.

Kegunaan televisi
Dalam media televisi yang di asumsikan sebagai alat pempublikasian atau pencitraan obyek. Sebuah kekuatann individu yang menjadi kekuatan media dalam mempertahankan kekuatan tehnik lama. Pada dasarnya dalam perang media massa yang di jadikan bahan yang tak berujung menjadi alat produksi dalam menghasilkan sebuah ganjaran.

Program-program yang di tayangkan khusunya pada media televisi yang ada pada keseharian kita, merupakan perubahan tayanga-tayangan yang di anggap lebih menurun dalam tingkatan pengetahuan atau kesadaran terhadap realitas, melainkan menjadi perkembangan performen yang mengakibatkan efek negatif pada khalayak.

Di jelaskan beberapa jenis televisi yang di asumsikan sebagai pencari ganjaran yang lebih di fokuskan terhadap komersilitas, dan penyebaran pengetahuan dalam kontek khalayak yang lebih maju dalam tingkat informasi, dan kekuatan daya pikir yang ada.

komputer

8.KOMPUTER

A. Pengertian Komputer
Jika ditinjau dari namanya, komputer diartikan sebagai alat untuk menghitung (to compute = menghitung). Tetapi kita hendaknya mengetahui pula bahwa alat ini dapat digunakan untuk membantu tugas-tugas lain, misalnya sebagai “mesin ketik” yang canggih dengan kemampuannya memprosese kata-kata. Komputer juga dikenal secara luas dalam kemampuannya mengatur data informasi yang cukup banyak sehigga memudahkan data tersebut diolah secara teliti dalam waktu yang cepat.
Pada dasarnya, komputer tidak mengandung nilai dalam dirinya sendiri. Kebermaknaan komputer sangat tergantung dari bagaimana manusia merancang, memanfaatkan, dan menerimanya. Kenyataan menunjukkan bahwa keberadaan komputer dapat memudahkan kerja manusia.
Komputer adalah hasil karya manusia yang mampu membawa perubahan besar dalam berbagai bidang pekerjaan manusia termasuk dalam bidang pendidikan (www.education.blogsport.com). Selain itu, komputer adalah mesin yang dirancang khusus untuk memanipulasi informasi yang diberi kode, mesin elektronik yang otomatis melakukan pekerjaan dan perhitungan sederhana dan rumit. (Prof.Dr. Azhar Arsyad, MA. 2002 : 53). Satu unit komputer terdiri atas empat komponen dasar, yaitu input (keyboard dan writing pad), prosesor (CPU : unit pemroses data yang diimput), penyimpanan data (memori yang menyimpan data yang akan diproses oleh CPU baik secara permanen (ROM) maupun untuk sementara (RAM). Dan output (misalnya layar) monitor, printer atau plotter.
Dengan demikian komputer memiliki kemampuan untuk menggabungkan dan mengendalikan berbagai peralatan lainnya, seperti CD player, video tape, dan audio tape, disamping itu, komputer dapat merekam, menganalisis, dan memberi reaksi kepada respon yang diinput oleh pemakai atau pengguna jasa komputer itu sendiri.
B. Sekilas Perkembangan Komputer
Kompuetr pada awal perkembangannya hingga saat ini banyak mengalami perubahan dan penyempurnaan bentuk dan fungsinya. Pada tahun 1930 lahirlah suatu konsep dari komputer yang serba guna untuk menjadikan komputer lebih moderen. Perkembangan masyarakat yang semakin komleks dan ditandai dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih telah mendorong orang-orang yang mempunyai skill dan punya kemauan untuk berpikir secara pesat. Pada tahun 1937, Alan Turin, seorang ahli matematika berkebangsan Inggris membuat sebuah analisis teoritis dari kemungkinan pengembangan komputer yang serba guna. Pelaksnaan gagasan tersebut dapat terwujud, karena pada perang dunia II saat itu pihak militer sangat membutuhkan perhitungan-perhitungan yang cepat, matang, dan akurat untuk kebutuhan perang, sehingga dari gagasan tersebut perangkat keras (hardware) mengalami perubahan bentuk dan fungsinya, dan perangkat lunak (software) mengalami perkembangan penggunaannya menjadi program yang mudah digunakan.
Perkembangan berikutnya bahwa kemajuan teknologi yang dibuat manusia telah mengubah bentuk dan fungsi komputer dalam beberapa generasi, yaitu :
Generasi pertama (1946-1959) pada generasi pertama ini komputer dibuat masih sangat sederhana dan belum komleks penggunaannya, sehingga komputer belum dapat memproses masalah-masalah yang besar, lagi pula bentuk komputernya besar dan lamban dalam prosesnya serta pembuatanya masih menggunakan komponen yang besar-besar.
Adapun ciri-ciri komputer generasi pertama, antara lain :
1. Ukuran fisiknya besar.
2. Kecepatan proses lambat
3. Cepat panas
4. Membutuhkan listrik besar
5. Menggunakan tabung hampa udara (vaccum tube).
6. Memorinya menggunakan Magnite Core Storage.
7. Masih menggunakan bahasa mesin (Machine Language).
8. Menggunakan konsep stored prodram.
Contoh komputer generasi petama :
Ø MARK I, MARK II, IBM 702, IBM 704, IBM 709 (dibuat oleh IBM/ International Business Machine).
Ø UNIVAC II (dibuat oleh Sperry Rand).
Ø ENIAC (Elektronic Numerical Integrator and Calculator), dibuat oleh DR. John W. Mauchly pada tahun 1942. Komputer ini berukuran besar dan berat fisiknya mencapai 30 ton.
Ø SEC (Simple Electronic Computer), dibuat oleh Electronic Computation Laboratory of Birkbeck College pada tahun 1951.
Ø DATAMATIC 1000 (dibuat oleh Honcywell).
Ø NCR 102A, NCR 102D (dibuat oleh National Cash Register).
Generasi kedua (1959-1965) komputer generasi kedua ini merupakan pengembangan dari komputer generasi pertama yang dibuat untuk penyempurnaan bentuk dari komputer dan penggunaan listrik yang lebih hemat. Komputer generasi kedua mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
1. Komponennya telah mnggunakan transistor.
2. Ukuran fisiknya lebih kecil.
3. Kecepatan prosesnya lebih cepat.
4. Tidak cepat panas.
5. Membutuhkan listrik lebih hemat (sedikit).
6. Memori yang digunakan lebih besar.
7. Telah menggunakan bahasa tingkat tinggi (high level language).
8. Sudah dapat digunakan untuk real time (informasi yang dibutuhkan dapat dihasilkan dengan sekejap) dan time sharing (komputer digunakan bersama-sama dan komputer dapat membagi waktu untuk tiap-tiap pemakai).
Contoh komputer generasi kedua :
Ø IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600 (dibuat oleh IBM / Internastional Business Machine).
Ø Honcywell 400, Honcywell 800 (dibuat oleh Honcywell).
Ø Burroughs 200 (dibuat oleh Burroughs).
Ø GE 635, GE 645, GE 200 (dibuat oleh General Electric).
Ø UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107, (dibuat oleh Sperry Rand).
Ø NCR 300 (dibuat oleh National Cash register).
Generasi ketiga (1965-1970), komputer pada generasi ini dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen dalam satu tempat dan disempurnakan tampilan dari komputer tersebut. Selain itu pula komputer generasi ketiga ini telah dibuat penyimpanan memorinya lebih besar dan diletakkan di luar (eksternal) serta penggunaan listriknya lebih hemat, kemudian ukuran fisiknya lebih kecil agar dapat menghemat penggunaan ruang. Komputer generasi ketiga ini mempunyai cir-ciri sebagai berikut :
1. Komponennya menggunakan IC (Integrated Cercuit) atau yang disebut “chip” dalam bentuk Hybrid Integrated Circuits atau Solid Logic Technology (SLT), yaitu transistor dan dioda diletakkan secara terpisah dalam suatu tempat.
2. Kecepatan prosesnya lebih cepat.
3. Membutuhkan listrik lebih hemat.
4. Memorinya yang digunakan lebih besar, dapat menyimpan sampai ratusan ribu karakter.
5. Telah menggunakan penyimpanan luar yang bersifat random access, yaitu magnetik disk yang berkapasitas besar.
6. Dapat digunakan untuk multi processing dan multi progrmming.
7. Telah dibuatnya alat input-output dengan menggunakan visial display terminal yang dapat menampilkan grafik, dapat menerima dan mengeluarkan suara, dan telah digunakannya alatpembaca tinta mengetik MICR (Magnetic Ink Character Reader).
Contoh komputer generasi ketiga :
Ø GE 600, GE 235, (dibuat oleh General Electric).
Ø Burroughs 5700, Burrpughs 6700, Burroughs 7700 (dibuat oleh Burroughs).
Ø UNIVAC 1108, UNIVAC 9000 (dibuat oleh Sperry Rand).
Generasi keempat (1970-1995), Komputer generasi keempat ini merupakan pengembangan dari komputer dari generasi ketiga. Komputer generasi ini dibuat dengan menggabungkan beberapa IC yang didapatkan. Komputer generasi keempat ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
1. Telah menggunakan LSI (Large Scale Integration), yaitu menggabungkan beribu-biru IC yang didapatkan dalam 1 buah chip.
2. LSI dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang dapat memuat 150.000 transistor yang dipadatkan.
3. Chip yang digunakan telah berbentuk segi empat yang memuat rangkaian-rangkaian terpadu.
Contoh komputer generasi keempat :
Ø IBM 370 (dibuat oleh IBM/International Business Machine).
Ø APPLE II (dibuat oleh Apple).
Dengan demikian maka komputer generasi baru yang datang, banyak menggunakan sensor-sensor untuk mempermudah dan lebih mempercepat pekerjaan kita. Suatu perencanaan yang akan datang komputer dibuat untuk mempermudah interaksi antara manusia dengan komputer secara langsung, seakan-akan manusia tersebut berada didalam komputer. Hal ini dapat terwujud dengan adanya materi kecerdasan buatan (Artificial Intellegent), yaitu suatu alat yang dibuat untuk dapat bekerja seperti manusia, sehingga manusia bukan lagi sebagai obyek luar komputer. Dan ini dapat kita lihat dengan dibuatnya obyek di dalam komputer, dimana manusia menggunakan helm khusus agar tampak jelas seperti di dalam komputer. Selain itu, kini telah dibuat robot-robot pengganti tenaga manuasia. Pada robot tersebut dibuatkan sensor-sensor pondeteksi rangsangan dari luar dan akan langsung meresponnya seperti layaknya manusia.
C. Kegunaannya Komputer
Komputer sebagai alat pendukug untuk meringankan pekerjaan manusia dalam proses pemecahan berbagai masalah karena alat tersebut memiliki kecepatan operasionalnya, kemampuan menyimpan memori, dapat dipercaya dan menghemat biaya. Komputer dapat membantu pekerjaan manusia dalam kegiatan, antara lain :
1.
a. Penanganan data dalam jumlah yang besar, seperti penghitungan sensus dan laporan lain dalam suatu negara.
b. Melaksanakan tugas-tugas rutin yang bersifat berulang-ulang, seperti menghitung laporan bulanan suatu perusahaan.
c. Operasional ditempat-tempat yang tidak dapat dijangkau manusia, seperti robot yang dikontrol oleh komputer untuk misi di daerah yang penuh dengan ranjau atau dalam perjalanan antariksa tanpa awak.
d. Perhitungan dengan kecepatan yang tinggi, seperti perhitungan matematika yang rumit.
Untuk lebih jelasnya kegunaan komputer, komputer dibagi menjadi beberapa klasifikasi, yaitu :
C.1. Berdasarkan Jenis Data yang Diolah.
a. Komputer Analog (Analog Computer).
Komputer analog digunakan untuk mengolah data kualitatif, karena komputer ini digunakan untuk memproses data secara terus menerus dan mengenal data sebagai besaran fisik yang diukur secara terus-menerus. Keluaran dari komputer jenis ini adalah dalam bentuk dial atau grafik, contoh besaran arus listrik.
Keuntungan:
Unutuk memproses data dalam besaran fisik akan langsung diproses, tanpa harus dikonversikan terlebih dahulu.
Kerugian :
Komputer jenis ini kecepatannya sangat lamban.
b. Komputer Digila (Digital Computer).
Komputer digital digunakan untuk mengolah data kuantitatif, karena kumputer ini untuk memproses discrete data (bilangan/angka yang terputus-putus) dan akan mengenali data sebagai sinyal diskrit dari tinggi rendahnya tegangan listrik(ON atau OFF), Keluaran komputer jenis ini bisa dalam bentuk angka, huruf, dan grafi atau gambar. Komputer jenis ini pula sangat cocok untuk aplikasi bisnis.
Keuntungan :
b.1. Data dapat disimpan dan digunakan kembali jika data tersebut masih dibutuhkan.
b.2. Memproses data lebih cepat dibandingkan komputer analog.
b.3. Dapat melakukan penghitungan.
c. Komputer Hibrid (Hibrid Computer).
Koputer hibrid adalah konbinasi antara komputer analog dengan komputer digital, sehingga komputer jenis inidapat melakukan pengolahan data kualitatif. Kompuetr hibrid lebih cepat lagi diandingkan dibandingkan komputer jenis digital.
C. 2. Berdasakan Kemampuan Komputer
a. Small Scale Computer
< Disebut small scale mainframe computer.
< Kapasitas memori antara 64 KB s/d 8 MB.
< Dapat manangani puluhan terminal komputer yang terpisah dari pusat komputer.
b. Madium Scale Computer.
< Disebut medium scale mainframe computer.
< Kapasitas memori antara 512 KB s/d 8 MB.
< Dapat menangani ratusan terminal komputer yang terpisah daru pusat komputer.
c. Large Scale Computer.
< Disebut large scale mainframe computer atau mainframe komputer.
< Bentunya besar.
< Kapasitas memori antara 512 KB s/d 8 MB.
< Kecepatan tinggi dan dapat menggunakan time sharing, yaitu pengguna komputer dapat menggunakan komputer secara serentak dalam waktu bersamaan.
C. 3. Berdasarkan Ukuran Fisik.
a. Komputer Mini ( Mini Computer).
< Kapasitas memori antara 8 MB s/d 128 MB.
< Menggunakan register 8 bit, 16 bit, 32 bit, dan 64 bit.
< Bersifat multi ucer, yaitu sebuah komputer mini dapat digunakan bersama-sama banyak pemakai.
b. Komputer Mikro (Micro Computer).
< Disebut Personal Computer (PC).
< Kapasitas memori 16 KB s/d 1 MB.
< Menggunakan register 8 bit, 16 bit, 32 bit.
Komputer sekarang sudah menggunakan registrasi 256, 512 bit, atau lebih dan memori yang digunakan sudah di atas 128 MB.
< Umumnya digunakan untuk sangle user.
C. 4. Berdasarkan Bidang Masalah.
a. Special Purpose Computer.
Komputer jenis ini hanya dapat menyelesaikan satu masalah saja, sehingga hanya program tertentu saja yang dimasukkan dalam komputer in, misalnya komputer perbankan dan komputer yang digunakan pada kilang minyak.
b. General Purpose Computer.
Komputer jenis ini dapat menjelaskan bermacam-macam msalah. Komputer yang termasuk dalam jenis ini adalah komputer digital dan analog, namun yang umum adalah komputer digital misalnya komuter untuk pendidikan dan computer untuk bisnis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: